BicaRaLah,,,

Pernah denger tentang malpraktek yang disiarkan di TV??

Banyak kasus yang disiarkan sebenarnya bukan malpraktek, tapi seringnya Cuma masalah miskomunikasi antara dokter, pasien, atau keluarga pasien. Sebenarnya semua itu tidak perlu terjadi kalau saja dari awal si dokter menjelaskan secara rinci berbagai tindakan yang akan dilakukannya lengkap beserta komplikasinya,,yaa… KOMPLIKASInya, artinya setiap orang yang dilakukan tindakan serupa oleh dokter manapun memiliki resiko untuk mengalami hal yang sama, namanya juga komplikasi,,,Dan inilah yang banyak terjadi, komplikasi dari suatu tindakan atau terapi dinggap sebagai malpraktek oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah, kalo malpraktek itu artinya si dokter emang salah, bisa saja gak ngelakuin tindakan sesuai standar prosedur yang telah ditetapkan, atau malah melakukan tindakan yang tidak sesuai kompetensinya (misalnya dokter umum melakukan tindakan yang merupakan kompetensi dari seorang dokter spesialis,,nah lhoo…). tapi sebenarnya siiy bukan malprakteknya yang mau dibahas, heheee…ini sih Cuma pendahuluannya aja.. nah,,yang mau kita bahas sekarang adalah komunikasinya…

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal (Wikipedia).

Conversation_Image

Sebagai manusia normal, alat komunikasi yang telah diberilan oleh Allah SWT tuuw berupa mulut (dengan berbagai perangkat-perangkatnya,,^^), yang dalam hal ini berfungsi untuk bicara.

Nah, sebagai manusia yang bersyukur atas nikmat tadi, sudah seharusnya kita memanfaatkan apa yang diberikan dengan sebaik-baiknya..

Ini Cuma pendapat saya aja lhhoo yaa,,,menurut saya segala sesuatunya itu memang harus dibicarakan, dikomunikasikan (dengan cara yang baik tentunya), sehingga gak perlu tuh terjadi masalah Cuma gara-gara miskomunikasi. Apa yang kita rasakan, pendapat, gagasan, apa saja…sebaiknya ya dibicarakan, supaya jelas,,,

494845-5

Jadi curhat kaan,,,ya seringnya seperti itu siiy,,masalah2 sepele malah jadi semakin berkembang karena gak pernah dibicarakan sampai tuntas. Dipendam-pendam terus dalam hati, akhirnya ntar kalo udah numpuk,, meledaklah semuanya, akhirnya yaa jadi masalah yang benar-benar serius..dan yang seperti ini lah yang gak kita inginkan kaan,,,

Ini masih menurut saya, kalau kita merasakan sesuatu, apa saja, misalnya perasaan tidak nyaman pada orang-orang terdekat kita, bisa orang tua, saudara2, sahabat, atau bahkan pasangan kita nantinya, sebaiknya ya dikomunikasikan, dibicarakan untuk mencari jalan keluarnya, bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada. Yakin deh, siapapun orangnya, kalau diajak bicara dengan bahasa dan cara yang baik, pasti akan mau menerima kooq…yaa..catatannya yg tadi itu, dengan cara yang baik dan bahasa yang baik,, jangan sambil teriak-teriak, atau marah2,,bisa-bisa malah kita semakin bermasalah dengan orang tadi. Kita juga harus bisa melihat situasi dan kondisi, jangan karena tergesa-gesa ingin menyelesaikan suatu masalah, kita gak liat-liat, sapa tau orang yang mau kita ajak bicara dengan pusing, cape’, atau sakit gigi (hehee…^^), bukannya malah selesai, malah kita yang digampar…=D

Ini yang terakhir, kalau memang orang yang kita ajak bicara sedemikian susahnya untuk diajak bicara, buat aja surat, tulis semua yang kita rasakan beserta harapan-harapan kita, insyaAllah dia mau mengerti kooq,,oya satu lagi,,jangan pernah malu mengatakan maaf dan terimakasih yaa..dua kata ini sangat ampuh lhoo..maaf itu artinya kita mengakui kesalahan dan kekurangan kita, namanya juga manusia ya gak pernah luput dari salah kaan… dan terimakasih artinya kita menghargai orang lain, atas segala sesuatu yang pernah diberikan orang itu terhadap kita. Jangan salah,,minta maaf juga bukan berarti kita yang salah atau kalah, tetapi kita mengalah untuk menang,hehee…insyaAllah…

About Uyunk Aminy


5 responses to “BicaRaLah,,,

  • hakushika

    cy seeetttuuujuuuu bgt yunkkk………..!!!!
    kommunikasi sangat penting…
    ya…klo g’ da komunikasi…, ga terlaksana kehidupan nech..

  • luv4all

    iyaa cy,,,

    inget jugaa,,liat2 keadaan,jangan pas org sakit gigi,,hehee

    peaceee,,^^

  • muhady@islam

    ada yang kurang, tetep berdoa agar alloh memperbaiki hubungan kita,….

  • Chieko Etsuko

    hohohoho…komunikasi tu penyakit bukan ya…menurut aku komunikasi itu akan jadi penyakit apabila permasalahan atau gagasan itu tidak diselesaikan dengan cara berkomunikasi, begitupun sebaliknya komunikasi itu akan jadi komunikasi apabila permasalahan ato gagasan itu diselesaikan dengan cara berkomunikasi…NB.komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah…yang ga stuju ngacung ya, dan silakan ngeluarin pendapat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: