Monthly Archives: July 2009

cuRhat dikiiiiit,,^^

Pengen curhat dikit kali ini, bole yaaa,,,

Masii tentang KKN, banyak banget yang mau yunk certain. Huffh…baru 7 hari di lokasi air mata yunk udah netes aja..bukan sedih, bukaaan…jangan salah sangka…yunk cuman terharu, betapa Allah sayang ma uyunk selama inii…

Kemaren-kemaren yunk bingung bgt, terlalu banyak yang kami lakukan, tapi kok kayanya gak fokus yaaa… kata temen-temen sii demi sambung rasa, kami banyakan ngumpulnya, ngobrolnya, niatnya sii baek, biar lebih deket ma warga desa, biar kalo ntar bikin program intervensi aapaaa gtu, masyarakatnya bisa nerima,,ya gitu dee..^^tapi di akhir minggu, kita malah mulai kewalahan, ribet ma data-data,waaahhh…:D

Sebenarnya sii yang bikin bingung tuu soal tempat tugas kamii, di Dusun Penandah. Tiap hari kami ke sana, (seperti cerita yunk sebelumnya, tempatnya  gak gtu jauh ma tempat tinggal kami di Dusun Montong Are Barat), tapi kawaan…bayangkan, tiap kami ke sana, kami hanya menemukan rumah-rumah kosong tanpa penghuni, karena warga dusun sedang sibuk di sawah, hmmm…bahasa yunk baku juga yaa,,^^yaa gitu deeh, sapa coba yg gak bingung, datang pagi-pagi orang-orang pada ke sawah, datang sore-sore orang-orang juga ke sawah..datang siang-siang??panaaasnyaaa,,,mana ngantuk lagi…datang malam-malam??pliiss deh,,sapa yang sanggup, jalannya gelap, mana malam2 tuu banyak agenda (rapat inii ituu, belum lagi kalo adek-adek pada dateng ke rumah buat maen, waah…hehee..sok sibuk bgt yaaa,,^^)

Ya gituu lah, semangat sempat ilang, huuaaa…bingung-bingung…temen-temen mulai ada yang ngeluh, putus asa, berasa lemah iman laaah…ditambah lagi ma beberapa hari tuu kami mulai ngumpulin data, kerjaan makin banyaak, trus data yang banyak tuu gak tau mau diapain,heheee…inget lagi pas yunk dapet tugas nyari data Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas..begitu disodorin data yang seabreg-abreg ituu, dibaca juga gak ngerti, banyak singkatan yang aneh-aneh, waaah…mau diapain nii??hehehe…akhirnya dengan ketabahan hati tuu data2 disalin juga, hmmm….

Mulailah kesibukan pas di rumah, ngolah data bla..bla..bla…sambil bingung, tetep aja dijalanin,,

Yang tambah bikin bingungnya, dari banyak masalah yang udah ditemukan dan dikonsultasikan, banyak masalah yang kami ajukan untuk diangkat malah “ditolak” ma pembimbing lapangan..(bukan ditolak juga siii, cuman yunk gak tau istilah apa yang lebih tepat,hehee…)

Ya gituu deeh, kebingungan merajalela…waaah…

Tapi pas akhir minggu, pencerahan mulai terasa, Alhamdulillah…rasanya Allah baek banget ma kami, pas lagi bingung-bingung gini, mulai muncul penjelasan-penjelasan baru.  Prioritas masalah udah bisa ditentukan, udah mulai bisa mikirin intervensi yang mau dilakukan, sekali lagi,,,Alhamdulillah…Allah baek banget…^^

Ditambah lagi pas hari ketujuh, pas kami datang ke Dusun Penandah malam-malam, rencananya mau ikutan acara Isra’ Mi’raj di sana, eeeh…gara-gara temen2 cowok yang pada maen bola n cedera, akhirnya kami ke sananya telat, yaah…jadilah kami gak ikutan acara, malu mau masuk ke masjid karena telat, akhirnya kami memutuskan buat nunggu di rumah pak Kadus sambil diskusi rencana kegiatan buat besoknya. Dan dari hasil ngobrol inilah semuanya yunk rasa makin jelas, makassiiiy banget ma mbak Itax yaa,,,ma Adit n Ivan jugaa,,^^

Yaaah,,,jadi maluu, pas pulang malam itu yunk malah nangis, di jalan siiy, kayanya gak da yang nyadar,hee…pas liat bintang malam ituu yang indah n terang banget, bikin mata yunk berasa panas, dan akhirnya netes lagi,,,iiihhh…norak yaaa,,hehee…maLuuu…

Advertisements

inii haRi peRtamanya,,,

Mau tau pengalaman hari pertama di lokasi KKN??hehhee…hari yang menyenangkan banget tauuu,,,^^. Pagi hari kami diantar ke tempat KKN oleh dosen pembimbing menggunakan engkel (ini salah satu alat transportasi umum di Lombok,kawaan…bentuknya seperti minibus, tapi ya gak ada pintunya, jadi jangan khawatir kepanasan, AC alami pooolllll…bias sampe masuk angin,hehee…oya, ini pertama kalinya saya naik engkel lhoo, wah…sensasinya…getaran mesinnya, pas nyandarin bahu yang lagi pegel, berasa seperti dipijet tuu…^^).

Terus, nyampe di lokasi, Pak Kades sempat bilang, ntar sore ada pertandingan bola tuu di desa,,waaah…musti nonton niiy,,ini usaha pertama pendekatan dengan warga desa, kawaaan…^^

kantor desa

Ya udah, sore-sore kami buru-buru berangkat ke desa, setelah pulang dulu sebentar plus belanja-belanja barang keperluan KKN. Wah…nyampe desa udah sore banget niiy…kirain pertandingannya udah slese, ternyata masiih tuu,waaah…Terus nanya-nanya dah ma ibu-ibu, inaq-inaq, papuq-papuq, anak-anak,dll dkk…walaupun kami gak terlalu bisa bahasa Sasak (bahasa Lombok) akhirnya nyampe jugaa…(hheee…sebenernya sii jalannya lurus-lurus aja,,^^). Yah, singkat cerita, kita jadi ikutan nonton bola jugaaa (walaupun cuman dapet ujungnya doank,,^^),,,heboh banget daaah…

Udah maghrib aja niiiy…abis shalat maghrib, kami masak-masak bareng ma ibu yang punya rumah…seru juga masak-masak barengnya, banyakan ributnya sii (hehee…maklum, ibu-ibu ya kaya’ gitu). Temen-temen yang cowok pada sibuk di rumahnya aja, ada juga siiy yang masii diem di mushalla abis shalat maghrib, yaaa sekalian pendekatan ma bapak-bapak,^^. Bagus juga tuu, biar lebih akrab..

Pas lagi masak-masak di dapur,  tiba-tiba ada serombongan anak-anak perempuan datang menghampiri kami, ,,hmmm…mereka pada teriak,”kak, kenalan yoook…”. Waaah…kaget juga tiba-tiba langsung didatengin gitu..

Langsung deh kita kenalan rame-rame, adek-adek kecil itu seru juga lhoo….mereka pada ribut nyebutin namanya masing-masing, kelas berapa, dll dkk…rameee banget…wah..ckckckcckk…

Naaah…ini dia bagian yang paling seru…kirain adek-adek ini cuman mau kenalan, ternyata mereka mau maen bareng ma kita juga,waah…makin malem mana makin rame lagii, sekarang gak cuman gadis cilik yang datang, para pemuda cilik juga mulai berdatangan tuu…rame banget…kita sii seneng aja dengan berbagai keributan yang terjadi malam ituu, mulai nyanyi bareng, menghafal perkalian lima, mpe foto-foto bersama,heheheee…

Pokonya rameee,ribuuut…seruuu…ada juga show dari adek-adek, ada yang nyanyi lagu “cari jodoh” by Wali. Nah yang bikin kagum, si adek yang nyanyi ini hafal banget lagi liriknya, per kata,waahh…gak nyangka..^^

Di antara adek-adek itu, ada yang namanya Martin (hmmm…jangan sangka Martin ini seorang pemuda cilik yaaa,,Martin yang bernama lengkap Martini ini adalah seorang gadis cilik yang cantik, dengan rambut ikal dan mata yang besar). Si Martin ini bisa dibilang paling cerewet di antara anak-anak di sini, lincah dan cukup berani,,,dia yang pertama nampil tuu pada mini show yang kami adakan malam ituu. ..hehhee…

Tapi berhubung udah malam dan udah waktunya kami buat rapat, yaah…dengan sangat terpaksa kami harus menghentikan acara rame-rame malam itu, waaaah,,,sayang sekali yaaa…tapi anak-anak yang hadir terlihat cukup puas dengan acara malam itu, Alhamdulillah…^^


Pandangan Pertama,,^^

Namanya desa Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Di sanalah saya dan kawan-kawan akan menghabiskan waktu selama kira-kira 6 pekan ke depan, bukan untuk liburan, tapi untuk melaksanakan KKN. Hmmmm…terbayang sudah bagaimana suasana KKN nanti, pastinya seru (hehee,,saya sih berharap seperti itu). Di sana kami bersepuluh, 6 orang putri dan 4 orang putra. Dan dari sepuluh orang tadi dibagi lagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok 8 dan 9, masing-masing terdiri dari 5 orang. Nah, tiap-tiap kelompok ini sih sebenarnya punya wilayah kerja yang berbeda, kelompok saya ( kelompok 8 ) wilayahnya di Dusun Penandah, sedangkan kelompok 9 di Dusun Montong Are Barat. Tapi kami semua nantinya akan tinggal di Dusun Montong Are Barat, karena Kepala Desa sudah menyiapkan dua buah rumah (masing-masing untuk putra dan putri) untuk kami tinggali, yah jadilah kelompok saya yang wilayahnya di Dusun Penandah harus bolak-balik tiap harinya, ya gak papa juga sii, gak jauh-jauh amat kok, sekitar 5-10 menit kalo naik motor,hheee…

sawah jga

Pertama kali sampai di Desa Montong Are ini, (baru survey sii, karena KKN nya sendiri baru mulai beberapa hari lagi) waah,,,saya sih seneng bgt, pas liat banyak sawah, trus ada kali, rasanya sejuk…jalan desanya juga bagus, rapi, walaupun gak luas-luas bgt sii…ditambah lagi pas sudah nyampe di kantor desanya, sambutan SekDes-nya luar biasa, ramah bgt, lucu lagi,hee..waktu itu emang pak Kadesnya belum ada, lagi sibuk kayanya (pas ketemu Kades nya,waaah….pak Kades nya cakep juga, kaya pemain sinetron Mathias Muchus,hehehee…pliisss deh,,ada2 aja yg diliat,,^^). Jadilah kita ngobrol-ngobrol lumayan lama sama pak Sekdes. Sampe akhirnya pak Sekdes ngajakin jalan-jalan liat keadaan desa sekaligus liat keadaan rumah yang bakal kami tempati. Awalnya kami diberi pilihan 3 rumah, salah satunya baru dibangun, rumahnya rapi, tapi begitu sampe di halaman belakangnya yang luaaaasss bgt (rencananya buat senam massal, maen bola, en maen selodor, heheee,,,), kami langsung mengurungkan niat buat nempatin rumah yg satu ini,,,apa alasannya??hehehee,,,ternyata halaman yg luas bgt itu tadi jadi satu sama kuburan,,,waaaahhh,,tanpa pikir panjang para cewek langsung milih rumah yang satunya lagi,hee,,,,pada takuuut…:D, yaiyalaaaah… padahal pak Kades udah ngeyakinin tuu kuburan di sana gak papa kok, malah katanya di sana suka dipake buat nyanyi-nyanyi sambil maen gitar, wah…yang nyanyi n maen gitar tuu manusia apa bukan paak??hehhee…bercanda kawaaan,,,^^

Tapi ada satu kekurangan di desa ini, airnya susaaaaahhh,,,wahh,,,pak Kadesnya sampe berkali-kali tuu minta permakluman soal kondisi yang satu ini. Sebenarnya inii yang paling mengkhawatirkan, gimana nasib kami bila hidup serba kekurangan air??hheee…lebay… di sana sebenarnya ada kali, tapi gak mungkin bgt lah kami semua harus mandi di kali, iyaa kaaan…yaaah,,liat saja perkembangannya kawan, nii kan baru survey, semoga keadaan sebenarnya gak seperti yang kami bayangkan. Hmmm…tapi di luar ituu siiy, Desa Montong Are cukup menyenangkan, semoga semuanya seindah pandangan pertama, amiiin..:)

sawah