Tutup Logbook

Ini hari terakhir saya di stase Obgyn. Alhamdulillah yaah,,akhirnya sampai juga di penghujung stase, hehe.. akhirnya selesai juga stase yang lumayan melelahkan dengan stressor yang sangat tinggi, yang kata supervisor merupakan stase yang sebagian besar kasusnya merupakan kasus kegawatgaruratan jadi harus cepat bertindak dan mengambil keputusan. Yah mudah-mudahan stase ini berakhir indah alias saya keluar dengan nilai cukup untuk lulus dan gak perlu balik lagi,aamiin..^^ kalo disuruh balik lagi,,gak kuaaaaattt,,T.T

Jadi sekarang saya pengen nginget-nginget apa aja yang udah terjadi di stase ini. Kalo menurut pangalaman yang sudah lewat stase obgyn, katanya stase ini merupakan stase yang menyenangkan, penuh kenangan, ngangenin, emang bener sih saya juga berpendapat sama. Ini stase besar dengan ruang lingkup kerja yang lumayan sempit, jadi semua orang yang ada di sini pasti saling kenal, termasuk dokter umum, supervisor, bidan, koass, mahasiswa perawat, mahasiswa kebidanan, sekretaris, sampai cleaning service, semuanya saling kenal. Oleh karena itu stase jadi menyenangkan, karena orang-orangnya sudah akrab banget, 3 bulan bersama, tiap hari ketemu udah bukan waktu yang singkat lagi untuk saling kenal dan menyayangi,,hehehehe,,,

Ketika saya pertama kali masuk stase ini, sebagian besar senior saya adalah teman-teman sekelas sendiri, anak-anak Ca.Ca.D Family, angkatan saya. Jadi ya gak berasa asing, rasanya gampang aja, toh temen-temen sendiri ini, nanya-nanya juga jadi mudah, maklum masih jadi junior. Dan setelah saya jadi senior seperti sekarang pun, junior saya banyak yang temen seangkatan, jadinya stase tetep aja menyenangkan. Alhamdulillah..

Dan yang paling bikin saya cukup terharu ada di stase ini, saya sangat merasakan jadi koass yang diperhatikan supervisor. Di stase sebelumnya juga diperhatikan sih, tapi saya ngerasa gak yang seperti di sini. Kalo di stase obgyn ini tiap pagi selalu MR, dan setiap pagi itu perkembangan kami diperhatikan. Walaupun sering dimarahi, disuruh jalan jongkok atau nyanyi, bahkan hampir dilempari sepatu, tapi tetap saja supervisor baik lagi, gak menyimpan dendam dan ingat-ingat kesalahan kami. Hmm..belum lagi kalau sudah dinasihati, kadang-kadang air mata sampai mau menetes, rasanya sangat diperhatikan seperti anak sendiri,ckck..

Di stase ini  saya banyak melihat keajaiban, terutama dalam proses persalinan. Tiap habis lihat ibu-ibu yang melahirkan, rasanya sangat terharu, apalagi kalau anak pertama, subhanallah.. jadi ingat perjuangan ibu saya pada saat melahirkan dulu. Di sini juga kelihatan deh sifat asli para suami dari yang romantis dan sayaaaaaang bgt sama istrinya sampe suami-suami yang cuek bgt dan bikin sebel,,hhuuh,,

Yang paling penting juga, saya suka banget ngeliatin adek-adek bayi yang baru lahir, suka gendong-gendongnya,,lucuuuuu..apalagi kalo yang gendut-gendut bgt, yang sehat..tapi kasian juga kalo lihat bayi yang lahirnya gak langsung nangis, yang kondisinya jelek, bahkan meninggal, kasian..

hh..banyak yang terjadi di stase ini. Pada saat kebakaran RSUP NTB, pada saat bulan Ramadhan dan Ied Fitri, semuanya dilalui di stase ini. Stase yang melelahkan, stase yang urusannya sama dara-darah dan cairan ketuban,hehe..stase yang bikin emosi naik-turun bahkan air mata menetes, apalagi kalo udah kena semprot supervisor dan harus bikin kronologis kematian kalo ada kematian maternal yang harus diaudit. Tapi semuanya bener-bener ngangenin, stase yang menyenangkan, stase yang menyadarkan bahwa kepentingan pasien harus diutamakan, karena di stase ini batas antara hidup atau mati itu dekeeeett bgt.

Semoga semua yang saya lalui di stase ini bermanfaat, dan gak perlu balik lagi untuk ujian atau ngulang, aamiin..^___^

About Uyunk Aminy


Leave a Reply

