Minggu Pertama,,

Setelah selesai di stase bedah minggu lalu, minggu ini saya mulai masuk stase psikiatri alias ilmu penyakit jiwa. Yah, sebagai koass stase jiwa, berarti mangkalnya di RSJ Prov. NTB. Stase ini akan saya jalani selam 5 minggu, kalau lancar,hehhe..

Hari pertama di RSJ, jujur aja saya agak khawatir, takut ketemu pasien-pasien dengan gangguan jiwa, walaupun duluuuu zaman kuliah pernah main ke sini, tetep aja ada rasa deg-degan pas pasien-pasien itu mendekat, memberi salam, dan mengajak berkenalan. Setelah seharian di RSJ, saya baru mulai terbiasa. Ternyata pasien gangguan jiwa, bahkan yang ada di bangsal intensif pun, bisa diajak berkomunikasi layaknya orang normal tanpa gangguan jiwa. Mereka bisa bercerita tentang kehidupannya, yah walaupun kebanyakan dengan ekspresi (afek) yang tumpul bahkan datar, ataupun tidak sesuai dengan suasana hatinya. Nah kalau pasiennya mulai ngamuk-ngamuk, melawan petugas, baru deh pasiennya difiksasi, bisa diikat atau dimasukkan ke ruangan yang dikunci dari luar.

Pasien di RSJ juga dibiasakan hidup seperti orang normal, dibiasakan mengurus dirinya sendiri, mandi dan makan sendiri, bahkan mereka juga bersih-bersih sekitar RSJ, supaya aktivitas sehari-harinya baik dan cepat normal kembali. Setiap pagi, para petugas dan karyawan RSJ wajib ikut apel pagi, dan para koass serta mahasiswa praktek juga ikut looh. Waaah, udah lama banget rasanya gak ikutan ritual yang beginian. Hari pertama bahkan kita ikut upacara bendera lengkap seperti zaman SMA,hihi..seneng juga. Trus setiap hari Jum’at ada acara imtak juga, acaranya kajian yang diisi ustad yang dipanggil khusus untuk imtak Jum’at. Hari Sabtu juga ada acara pagi yang khusus, yaituuuuuu senam rame-rame, baik para karyawan di lapangan, ada juga khusus pasien di ruangan atau bangsal masing-masing. Waaahh..bener-bener kaya zaman SMA deh,, seruuu😀

Setelah beberapa hari disana, saya mulai hafal nama-nama pasien di bangsal tempat saya bertugas, yaitu bangsal Dahlia, bangsal perawatan intensif untuk pasien perempuan. Dan dari hasil anamnesa disana, saya jadi tau apa aja penyebab pasien-pasien ini sampai dirawat di RSJ. Ada yang stres karena diceraikan suaminya, ibunya meninggal, depresi karena tidak rela ditinggal menikah oleh anak perempuan satu-satunya, sampai masalah ekonomi seperti suami yang dililit hutang, ataupun seorang perempuan muda yang depresi karena tidak dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, ckckck,,kasian yaa..

Tapi rata-rata pasien perempuan ituu labih banyak gejala negatifnya yang tampak, seperti tidak mau bicara, tidak mau mengurus diri, apatis. Berbeda dengan pasien laki-laki yang sempat saya lihat di bangsal lainnya. Kalo pasien laki-laki ituu lebih seru looh. Rata-rata mereka menderita skizofrenia paranoid, dimana mereka memiliki keyakinan palsu tentang dirinya. Ada kakek-kakek yang percaya bahwa dirinya didatangi oleh para nabi, mulai nabi Muhammad, nabi Ibrahim hingga para ulama yang saya gak kenal namanya, ada juga yang percaya kiamat tahun 2012 (kaya film aja yaah,heheh..), ada juga yang ngaku badannya kebal terhadap peluru, trus ada juga yang percayaaaaa banget ada orang-orang yang merencanakan pembunuhan atas dirinya,hehehhe…pokoknya lucu-lucu deh.

Oiya, keadaan di RSJ ini beda banget sama RSUP NTB tempat saya koass sebelumnya. Jadi kalo di RSJ ini tanahnya masi luas banget, bahkan ada sawah di dalamnya, sedangkan jumlah bangunannya gak banyak, jadi gak sumpek. Trus taman di RSJ ini banyaaaaakk dan terawat, bunga-bunganya juga bervariasi, sampah-sampah gak berserakan, bersih, pokoknya ada di RSJ ini bikin seger mata deeh,heheh.. Oke deeh, cukup ini dulu yah ceritanya, ntar kalo ada kesempatan lagi, insyaAllah ceritanya dilanjutin,,hheheh..

3 Maret 2012

Tadi siang, pulang dari RSJ, saya dan Ita (kawan saya) jalan-jalan ke Mataram Mall. Wah udah lama juga gak jalan-jalan. Trus di Mataram Mall ternya ada pameran foto. Kalo gak salah judulnya “1001 Pesona Alam NTB” (kalo salah maaf yaaaa,,kan lupa,,heheh..). di pameran itu banyak banget foto-foto tempat wisata alam di NTB, dari pulau Lombok hingga Sumbawa. Dan sedihnya, hanya sedikiiiiit bgt dari tempat-tempat itu yang sudah saya kunjungi, padahal saya dar lahir lohh di Lombok ini,,hehehe…semoga ada kesempatan jalan-jalan ke tempat-tempat ituu yaa..aamiin..^^

About Uyunk Aminy


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: